Sunday, December 3, 2017

Pengertian dan Fungsi NFC serta Perbedaanya dengan Bluetooth

Pengertian dan Fungsi NFC serta Perbedaanya dengan Bluetooth - Mengulas tentang pengertian NFC serta faedah atau manfaatnya, Near Field Communication atau biasa di singkat dengan NFC ialah sebuah teknologi teranyar dalam memindahkan data berbasis teknologi RFID (Radio Frequency Identification) yang memakai konektivitas tanpa kabel sehingga paling memungkinkan komunikasi data antar perlengkapan elektronik dalam jarak dekat memakai perantara induksi medan magnet yang ada dalam perlengkapan elektronik tersebut.



Fungsi NFC 

Dengan semakin majunya teknologi dalam komunikasi data antar perlengkapan atau perangkat ini maka semakin banyak yang dapat dilakukan dengan menggunkan NFC, bahkan sejumlah diantaranya telah mulai diterapkan di berbagai penjuru dunia. NFC sendiri menyederhanakan komunikasi data antar piranti yang seringkali harus mengkoneksikan memakai Bluetooth maupun Wi-Fi yang membutuhkan otentikasi dan penyamaan koneksi terlebih dahulu sebelum dapat digunakan dan seringkali membutuhkan beberapa menit, bertolak belakang dengan NFC yang otentikasi antar perangkat hanya memakan waktu beberapa detik saja. 

Dengan berkembangnya teknologi sepertti NFC ini maka mempermudah dalam komunikasi data. Sebagai contohnya pertukaran konten digital baik video, audio maupun gambar. Kemudian menghubungkan perlengkapan elektronik dengan perlengkapan elektronik lainnya yang memiliki teknologi NFC sebagai suatu solusi pembayaran instan, pembelian tiket, pembelian barang, sampai menjadi salah satu isi kantong digital selain memakai credit card

Secara garis besar NFC sendiri adalah pengembangan dari Bluetooth dan RFID dimana dalam NFC, ada teknologi yang biasa kita pakai jika berkomunikasi memakai Bluetooth dalam proses penyambungan dan pun RFID sebagai gelombang penghubung antar perlengkapan NFC. NFC pada Smartphone memiliki kegunaan komunikasi dalam memindahkan situs web, nomor telepon, audio, video, potret maupun kontak telepon. Bahkan pada suatu NFC yang tertanam pada Smartphone beberapa diantaranya sudah bisa digunakan untuk pembayaran melewati fitur NFC pada Smartphone tersebut. 

Selain hal tersebut pula pemakaian NFC pada Smartphone paling kaya fitur dan kelebihan dikomparasikan menggunakan Bluetooth. Keunggulan lainnya terletak pada teknologi yang bisa dengan gampang membuka sekian banyak  macam format komunikasi dan transaksi menggunakan teknik yang sangat gampang dan nyaman saat dioperasikan oleh pemakai NFC. Dengan begitu memungkinkan tidak sedikit orang melakukan pekerjaan yang mereka inginkan hanya dengan menyentuh serta menempelkan perangkat dekat dengan layanan yang akan dipakai untuk melaksanakan komunikasi data. 

Selain dipakai sebagai alat guna berbagi dokumen atau file, ada sejumlah fungsi beda dari NFC, diantaranya: 
  1. Melakukan Pembayaran 
  2. Memberitahu Posisi Suatu Tempat 
  3. Membuka Aplikasi Secara Otomatis 
  4. Mempermudah Tugas Tertentu 

Perbedaan NFC dengan Bluetooth 


NFC bekerja pada jarak yang jauh lebih pendek daripada bluetooth. Jika hendak berkomunikasi dengan NFC, kedua perlengkapan harus didekatkan dengan jarak maksimal 10 cm, atau menyinggungkan dua perlengkapan tersebut supaya jangkauan sinyalnya lebih baik, sedangkan Bluetooth mampu berfungsi pada dua perlengkapan yang terpisah sampai 10 meter. Berbeda lagi dengan wireless yang dapat menjangkau sampai puluhan meter.

Sekian artikel mengenai Pengertian dan Fungsi NFC serta Perbedaanya dengan Bluetooth, semoga dapat bermanfaat.

Referensi: -nesabamedia.net

Load disqus comments

0 komentar