Monday, July 30, 2018

SSD vs HDD, Apa Saja Perbedaanya?

Hai semua, kali ini saya mau membahas mengenai Perbedaan SSD (Solid State Drive) dan HDD (Hard Disk Drive)


Apa itu SSD?


SSD adalah singkatan dari Solid State Drive, saya yakin kalian sudah tak asing dengan USB Flashdisk. Anggap saja SSD ini adalah USB Flashdisk yang berukuran lebih besar. Menurut Wikipedia,
SSD, singkatan dari solid-state drive, adalah media penyimpanan data yang menggunakan memori mantap atau memori tak gabar[1] (nonvolatile memory) sebagai media, dan tidak menggunakan diska magnetis seperti diska keras konvensional. Berbeda dengan memori gabar (volatile memory) (misalnya RAM), data yang tersimpan pada SSD tidak akan hilang meskipun daya listrik tidak ada.
SSD ditemukan oleh ilmuan IBM pada akhir tahun 1960-an. Ada 2 jenis SSD, yaitu SATA SSD dan M.2 SSD. Perbedaan antara SATA SSD dan M.2 SSD terletaak di ukurannya. SATASSD berukuran kira kira 2.5 inchi sedangkan M.2 SSD berukuran kurang dari 90mm.

Apa itu HDD?


HDD adalah singkatan dari Hard Disk Drive. Pada dasarnya, data dalam HDD ini tersimpan dalam keping keping magnetis yang berputar. Menurut Wikipedia,
Diska keras (bahasa Inggris: harddisk atau harddisk drive disingkat HDD atau hard drive disingkat HD) adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis.
HDD memiliki ukuran antara 2.5 inchi sampai 3.5 inchi tergantung kapasitas dari HDD itu sendiri

Apa aja sih perbedaan SSD dan HDD?


Perbedaan antara SSD dan HDD terletak di bentuk, harga, kecepatan, dan di cara kerjanya. Kita akan bahas satu per satu.

Bentuk

Kita mulai dari sesuatu yang bisa dilihat secara fisik dulu ya. Dari segi fisik, sebenarnya tergantung dari jenis SSD dan HDD itu sendiri. Tapi, SSD unggul karena memiliki ukuran yang lebih kecil dari HDD.

Harga

Ketika kita melihat tentang harga, maka harga HDD lebih murah dari SSD. Misalkan saja HDD dengan kapasitas penyimpanan 1TB memiliki kisaran harga mulai dari 750 ribu sampai 1,5 juta tergantung ukurannya. Sedangkan dengan kapasitas yang sama, harga SSD bisa mencapai lebih dari 1,5 juta.

Kecepatan dan Cara Kerja

Kecepatan SSD lebih cepat dari pada HDD, HAl ini dikarenakan SSD menggunkan flash memory sedangkan HDD menggunkan magnetic memory.

Load disqus comments

0 komentar