Tuesday, November 20, 2018

5 Mitos dan Hoax Dalam Dunia Teknologi dan Penjelasannya

Selama ini banyak mitos - mitos yang beredar di dunia teknologi yang sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Nah, kali ini kita akan bahas 5 Mitos dan Hoax Dalam Dunia Teknologi dan Penjelasannya

5 Mitos dan Hoax Dalam Dunia Teknologi dan Penjelasannya

1. Mode peramban atau incognito mode tidak membuat pengakses menjadi tak kelihatan

Hingga saat ini mustahil dipungkiri adanya suatu miskonsepsi tentang istilah mode 'incognito' atau 'private' yang ditafsirkan sebagai akses dengan akun anonim. Namun, maksud dari kedua mode itu tidaklah demikian.

Mode peramban atau incognito mode tidak membuat pengakses menjadi tak kelihatan

Mode tersebut sebetulnya tidak bisa membuat seseorang yang menggunkannya seolah-olah tak terlihat saat mengakses suatu situs, tetapi mode tersebut hanya akan membuat peramban/browser tidak bakal melacak riwayat penjelajahan, menyimpan bookmarks, atau juga masuk otomatis pada akun yang biasa diakses.

Fitur ini dapat membantu mencegah orang asing mengakses informasi website ataujuga akun pribadi saat mengakses internet pada perangkat orang lain yang tidak kamu percayai. Namun, bukan berarti fitur ini bisa menyembunyikan identitas pengakses maupun ISP yang digunakan.


2. Baterai bakal cepat rusak bila di-charge terus menerus

Salah satu mitos yang masih dipercaya pemakai smartphone ialah baterai akan rusak bilamana masih di-charge dengan daya meskipun kapasitas telah penuh. Namun, faktanya tidak terdapat bukti ilmiah pengisian daya berlebihan bisa merusak baterai.

Baterai bakal cepat rusak bila di-charge terus menerus

Hal ini didukung oleh beberapa fakta bahwa ketika ini sebagian besar smartphone telah memakai baterai lithium-ion.

Jenis baterai itu ternyata memiliki fitur untuk berhenti melakukan proses isi ulang daya saat baterai telah penuh.


3. Semakin banyak jumlah bar sinyal, semakin kencang internetnya

Banyaknya sinyal yang ditandai jumlah bar pada layar ponsel tidak memastikan kekuatan sinyal atau internetnya. Bar yang terdapat di ponselmu hanya menunjukkan seberapa dekat ponselmu dengan menara pemancar. Banyak faktor yang memengaruhi kecepatan internetmu, dan tidak bisa ditentukan dengan jumlah bar sinyal saja.

Semakin banyak jumlah bar sinyal, semakin kencang internetnya

Misalnya, kamu sedang mengupload foto di sebuah pertandingan bola. Walaupun jumlah bar sinyal yang ada pada layar ponselmu banyak, tetapi banyaknya orang yang ada di pertandingan bola itu yang memakai ponsel juga dapat membuat kecepatan jaringanmu melambat karena harus berbagi dengan orang banyak dalam satu jaringan.


4. Lebih Banyak Inti Atau Core Dalam Prosesor Berarti Kinerja Yang Lebih Baik

Prosesor multi core dapat membantu mebagi load/beban di antara inti/core, yang mengerjakan bagian kegiatan mereka dan mengupayakan menyelesaikan tugas dengan lebih cepat. Istilah, dual-core, octa-core dan quad-core mengindikasikan jumlah inti prosesor dalam CPU (central processing unit).

Lebih Banyak Inti Atau Core Dalam Prosesor Berarti Kinerja Yang Lebih Baik

Dual-core sama dengan dua inti, okta-core sama dengan delapan inti, quad-core sama dengan empat inti. Prosesor quad-core lebih cepat daripada prosesor single-atau dual-core saat menjalankan software yang sudah dikembangkan guna memanfaatkan kemampuannya. Sebagian besar software yang diciptakan saat ini diciptakan untuk unit perangkat komputer yang berbasis pada prosesor inti tunggal atau ganda.

Oleh sebab itu, mereka tidak bisa memanfaatkan kekuatan pemrosesan tambahan dari chip octa-core. Juga, tambahan core tidak menambah pengalaman pemakai. Misalnya, kualitas video HD pada computer dengan octa-core bakal berubah buruk, andai perangkat mempunyai pengolah grafis yang lemah. Di samping jumlah core dan kecepatannya, kualitas prosesornya pun penting. Sebagai contoh, iPhone berperforma lebih baik dikomparasikan smartphone beda dengan core ganda atau lebih.


5. Merefresh Komputer Bisa Mempercepat Sistem Operasi Windows

Saat kita merasa computer yang sedang kita gunakan mulai melambat, pasti kita langsung menuju deasktop dan melakukan refresh dengan klik kanan lalu refresh atau dengan menekan tombol F5.

Merefresh Komputer Bisa Mempercepat Sistem Operasi Windows

Merefresh Windows sebenarnya tidak membawa dampak yang dapat membuat Windows berjalan lebih lancar, namun Merefresh Windows berfungsi untuk mengupdate perubahan yang sudah terjadi ke format default.



Nah, itu tadi merupakan 5 Mitos dan Hoax Dalam Dunia Teknologi dan Penjelasannya, semoga dengan membaca artikel ini, kamu mendapatkan sedikit pencerahan mengenai mitos di dunia teknologi.

Load disqus comments

0 komentar