Monday, July 31, 2017

Cara Mengakses Folder Favorit dengan Cepat pada Windows

Tahukah anda jika ternyata kita bisa mengakses folder favorit dengan cepat pada Windows tanpa harus masuk ke lokasi folder tersebut? Pada umumnya,  untuk mempercepat akses folder favorit, orang-orang membuat shortcut dari folder tersebut pada desktop komputer mereka. Namun, terkadang kita merasa agak ribet juga untuk membuka shortcut tersebut jika kita sedang membuka beberapa program yang lain. Nah, oleh karena itu, di sini kami ingin berbagi cara mengakses folder favorit dengan cepat meski pada saat bersamaan kita juga sedang membuka beberapa program lain.

Berikut 3 cara mengakses folder favorit dengan cepat pada Windows :

Menggunakan Taskbar

Cara pertama yang bisa anda gunakan adalah dengan meletakkan folder favorit pada taskbar. Pertama-tama, anda harus pastikan taskbar komputer anda tidak terkunci.

Cara Mengakses Folder Favorit dengan Cepat pada Windows
Pastikan yang diberi tanda merah tidak tercentang untuk membuka kunci taskbar

Klik kanan bagian taskbar yang kosong. Kemudian pilih Toolbars, dan klik New Toolbar...

Cara Mengakses Folder Favorit dengan Cepat pada Windows

Setelah itu, silahkan anda cari folder favorit anda dan klik satu kali. Terakhir, klik Select Folder maka folder favorit anda pun akan muncul di taskbar. 

Cara Mengakses Folder Favorit dengan Cepat pada Windows

Baru setelah ini anda bisa kunci (Lock) kembali taskbar komputer anda. Jika sewaktu-waktu anda ingin menghilangkan folder tersebut dari taskbar, anda bisa klik kanan pada taskbar yang kosong, pilih Toolbars, dan hilangkan centang yang ada pada sebelah kiri nama folder tersebut.

Start Menu

Selain file atau program, ternyata anda juga bisa menaruh folder favorit pada Start Menu. Caranya adalah dengan menarik (drag) folder tersebut ke Start Menu. Untuk menghilangkannya dari Start Menu, silahkan klik kanan pada folder tersebut kemudian pilih Remove from this list.

Favorites

Pada Windows Explorer, terdapat sebuah area di sebelah kiri bagian atas layar yang disebut Favorites (pada Windows 7) atau Favorite Links (pada Windows Vista). Untuk membuat shortcut folder favorit pada area tersebut, anda bisa tarik folder favorit anda ke situ. Atau, bisa juga dengan cara membuka folder favorit yang akan dibuatkan shortcut, kemudian klik kanan pada Favorites yang ada pada bagian kiri atas dan klik Add current location to Favorites

Cara Mengakses Folder Favorit dengan Cepat pada Windows

Untuk menghilangkan shortcut tersebut, cukup anda klik kanan pada shortcut tersebut dan klik Remove atau Remove Links.


Itulah ketiga cara mengakses folder favorit dengan cepat pada Windows. Sekian dulu ya? Semoga bermanfaat.



Referensi  : http://vlaurie.com/windows-7-tips/three-tricks-favorite-folders.html

Load disqus comments

0 komentar