Tuesday, September 12, 2017

Apa Itu Search Engine Optimization (SEO)?

Apa Itu Search Engine Optimization (SEO)?. Ya, bagi sobat yang baru berkecimpung di dunia blogging seoerti saya, tentu belum tahu tentang apa itu SEO. 



Oke, kita mulai dari pengertiannya. Menurut Wikipedia, SEO atau dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai Optimisasi mesin pencari adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.

Kalau menurut saya, SEO adalah suatu kegiatan yang kita lakukan untuk meningkatkan posisi website yang kita bangun di mesin pencari. 

Berikut ini beberapa hal terkait dengan SEO.

Apa Itu Search Engine Optimization (SEO)?

Konten dan desain 
Pastikan website kamu mempunyai konten atau tulisan yang berkualitas dan didukung oleh desain web yang unik serta navigasi yang mudah. Hal ini disebabkan algoritma Google teranyar yang menilai suatu website supaya layak masuk di peringkat tertinggi Google dengan memperhitungkan tingkat bounce rate, lama waktu rata-rata visitor di situs kamu, dan kecepatan loading website.

Keyword (Kata kunci)
Salah satu teknik untuk mendapat peringkat di Google ialah dengan membandingkan kata kunci. Sebelum kamu menulis sebuah artikel, pastikan judul yang kamu tulis cocok dengan apa yang di telusuri kebanyakan orang di Internet dan kata-kata yang mereka input ke dalam pencarian. Optimalkan artikel kamu dengan meyakinkan keyword muncul di judul, meta deskripsi, isi artikel, gambar atau barang kali video bila kamu memilikinya dalam suatu artikel.

Links 
Semakin banyak link berkualitas yang menuju website kamu, akan semakin menambah popularitas web di mata Google. Google terkenal sebab algoritma ini. Bangunlah link kamu dengan teknik yang baik. Lakukan lah guest posting, berkomentar di blog-blog lain. Jangan sekali-kali melakukan hal yang dilarang oleh Google seperti jual beli link sebab itu dirasakan ilegal dan sanksi yang berat akan kamu dapatkan jika kamu melakukan spamming.

Sosial Media
Dalam kurun beberapa tahun terakhir, Google mulai memperhitungkan sosial media sebagai penilai popularitas suatu website. Ini tergolong tombol like, comment, retweet, shares yang seringkali ada di perlengkapan sosial media semacam Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest dll. Jadi gunakan sosial media sebagai di antara strategi kamu untuk menambah popularitas website.

Oke, sekian dulu artikel tentang Apa Itu Search Engine Optimization (SEO)?, semoga dapat membantu sobat sekalian.

Load disqus comments

0 komentar