Friday, September 22, 2017

Pengertian Page Impressions, Click, CPC, CTR, RPM, dan Estimated Earning dalam Adsense

Pengertian Page Impressions, Click, CPC, CTR, RPM, dan Estimated Earning dalam Adsense

GilangTekno.com - Sebagai seorang blogger yang juga seorang publisher, kita mesti tau beberapa istilah yang terdapat dalam Google Adsense seperti Page Impressions, Click, CPC, CTR, RPM, dan Estimated Earning. Berikut ini akan saya paparkan Pengertian Page Impressions, Click, CPC, CTR, RPM, dan Estimated Earning dalam Adsense.

source: tentacleintheads.blogspot.co.id

Page Impressions
Page View / Page impression atau impressi dapat kita terjemahkan "Tampilnya halaman", yaitu merupakan jumlah yang menunjukan berapa kali halaman yang berisi unit iklan dilihat oleh pengunjung blog atau situs, nilainya tidak ditentukan oleh jumlah unit iklan yang kamu letakan pada halaman tersebut. Misalnya, kamu memasang unit iklan dan kamu letakan pada halaman yang berjumlah 2 buah , lantas halaman itu tampil sejumlah 20 kali, maka Page Impressions atau Tapilan Halamanya tetap saja sebanyak 20 kali.

Click 
Click ini bermakna sebagai berapa banyak  yang kamu pasang diclick oleh pengunjung atau visitor blogmu.

CPC (Cost Per Click)
CPC ialah istilah yang tidak jarang kita dengar dalam Google Adsense. CPC (Cost Per Click) ialah biaya yang ditawarkan oleh advertiser (si pemasang iklan) untuk setiap tiap klik yang unit iklannya peroleh. Seberapa kali unit iklan adsense itu di klik visitor maka dollar yang akan kamu dapatkan akan sebanyak nilai CPC untuk unit iklan tersebut. Semakin besar nilai CPC maka bakal semakin besar pula kesempatan kita menemukan dollar dari  tersebut. 

CTR (Click Through Rate)
CTR (Click throught rate) ialah perbandingan dalam format persentase unuk menghitung antara jumlah klik dan jumlah  adsense yang tertampil.  Kalau unit iklan tampil sejumlah 1000 kali, lantas unit iklan itu mendapatkan klik sebanyak 10 kali maka nilai CTR nya dapat kamu hitung inilah ini (10/1000 x 100%)=1%, jadi kalau dalam 1000 kali tampil, unit iklan mendapat klik pengunjung sejumlah 10 kali, berarti nilai CTR guna unit iklan tersebut ialah 1%.

RPM (Rvenue Per Thoushand Impression)
RPM  ialah hasil pembagian antara jumlah penghasilan publisher dengan jumlah impresi halaman (per 1.000) yang dia dapatkan dari unit iklan-unit iklannya. Sebagai contoh, publisher yang menghasilkan $200 dari 50.000 impressi bakal mempunyai nilai CPM sebesar $4 (nilai itu didapat dari perhitungan [jumlah pendapatan /(impressi/1000)]= (200/(50.000/1000)=200/50=4.


Estimated Earning
Estimated Earning ialah perkiraan jumlah pendapatan yang kamu peroleh dari unit iklan adsense yang kamu pasang, nilai estimated earning merupakan hasil kali antara Jumlah Click dengan CPC. Semakin besar nilai CPC maka bakal semakin bersar pula estimated earning yang akan kamu peroleh. 

Oke, sekian dulu penjelasan saya tentang Pengertian Page Impressions, Click, CPC, CTR, RPM, dan Estimated Earning dalam Adsense, semoga dapat menambah wawasan kita semua.

Load disqus comments

0 komentar