Sunday, December 17, 2017

3 Cara Mudah Menghapus Virus di Android

Cara Menghapus Virus Di Android - Kali ini saya akan berbagi sebuah tips mengenai cara menghapus virus di android.

3 Cara Mudah Menghapus Virus di Android

Virus dalam dunia teknologi ialah suatu program yang dirancang dengan maksud untuk merusak dengan menyusup ke sistem operasi suatu perangkat elektronik. Virus bisa menginfeksi komputer maupun smartphone dengan masuk melewati email, download internet, atau program yang terinfeksi.

Virus dapat menyebabkan rusaknya sistem komputer maupun smartphone dan memungkinkan terjadinya pengambilan data / informasi. Hal yang biasanya menjadi penyebab sebuah perangkat elektronik terinfeksi virus adalah ketika melakukan download aplikasi ilegal yang disisipi virus. virus terdiri atas virus, worm, trojan horse, rootkit, spyware, adware yang tidak jujur, serta software-software yang tidak diinginkan oleh pemakai PC

3 Cara Mudah Menghapus Virus di Android

Terkadang pemakai smartphone android merasa resah karena seringkali handphone android yang dipakainya sering merasakan gejala aneh seperti pas lagi inginkan nulis SMS tiba-tiba app keluar sendiri atau sedang membuka app lainnya pun mengalami kejadian yang hampir sama dan ini terus terulang bebrapa kali sampai membuat pemakai menjadi jengkel dan gelisah. Dan tentunya, semua pemakai smartphone android bakal segera membawa hp mereka ke tukang service handphone untuk segera menservice Hp android yang tengah bermasalah tadi.

"Apa aja sih ciri ciri kalo hp android kita kena virus?"

Nah, berikut ini ciri ciri Hp Android mu kena virus atau enggak

3 Cara Mudah Menghapus Virus di Android

#1. Penggunaan Internet yang Tidak Wajar
Salah satu dampak dan ciri-ciri virus yang menjangkiti suatu hp atau smartphone android adalah virus itu akan mengakibatkan pemakaian data internet yang berlebihan dan tidak wajar, ini adalah ciri dari virus jenis malware yang sengaja diciptakan untuk mengumpulkan sebuah informasi yang terdapat pada smartphone android tersebut. Yang dimana akan mengambil informasi tentang susunan kontak telepon, nomer kartu kredi, password dan sebagainya.

#2. Sering Crash / Error
Selain pemakaian internet yang tidak wajar, virus pada smartphone android juga akan menyebabkan crash dan akan mengakibatkan performa android semakin lambat, hal ini disebabkan karena adanya kegiatan atau aktivitas yang dijalankan oleh malware tanpa kamu ketahui, adapun jumlah kegiatan yang bisa tergolong paling memberatkan proses ketika mengoperasikan android tersebut.

#3. Gangguan Program
Satu lagi hal yang seringkali ditemui di smartphone android yang terinfeksi virus, yaitu ketika kamu ingin menelpon seseorang, tiba-tiba panggilan tersebut akan terputus. Jika hal ini disebab jaringan sinyal yang buruk, hal itu tidak per Akan tetapi andai pada ketika menelpon mempunyai jaringan yang bagus dan pulsa yang masih memadai maka kamu harus memahami penyebabnya, seringkali hal ini diakibatkan oleh malware yang sengaja mempunyai tujuan menyimpulkan telepon dengan sendirinya.

Cara Menghapus Virus Di Android


1. Menginstall Aplikasi Antivirus

3 Cara Mudah Menghapus Virus di Android

Hal ini dapat kamu lakukan jika virus sudah merusak sistem di hp android mu, tapi masih belum parah. Setelah menginstall aplikasi antivirus, lakukan Scanning untuk mencari file file atau aplikasi yang merupakn virus dan lakukan permbersihan. Menginstal Antivirus juga merupakan tindak pencegahan agar hp android mu dapat terlindung dari serangan virus lagi di kemudian hari.

2. Menguninstall Aplikasi yang Terinfeksi

Langkah selanjutnya nya dapat kamu lakukan untuk membersihkan virus di android adalah dengan menguninstall aplikasi yang kiranya merupakan aplikasi bermasalah. Untuk mengetahui aplikasi yang bermasalah atau terinfeksi virus, kamu bisa melihatnya pada hasil scanning yang kamu lakukan di tahap sebelumnya.

Untuk melakukan penghapusan aplikasi (uninstall), silahkan masuk ke Pengaturan –> Aplikasi –> Atur Aplikasi –> Pilih Aplikasi yang akan di Uninstall, selanjutnya pilih Hapus Instalan. Setelah melakukan proses uninstall aplikasi yang bermasalah. seharusnya android sobat sudah kembali dalam keadaan normal.

3. Melakukan Reset Pabrikan ( Factory Reset )

3 Cara Mudah Menghapus Virus di Android

Jika kamu sudah melakukan hal hal di atas, namun masih merakan ada masalh di hp android me, maka Factory Reset merupakan cara terakhir.
Ingat! Proses ini akan menghapus semua data yang ada di hp android mu. Jadi, pastikan kamu sudah memindahkan data data yang penting seperti foto, video, dokumen, dan lain lain ke komputer atau alat penyimpanan lainnya
Setiap merek smartphone android mempunyai cara untuk mereset atau factory reset tersendiri, jadi silahkan kamu googling sendiri.

Tapi, pada umumnya, untuk melakukan master reset sobat bisa melakukannya dengan cara masuk ke Pengaturan –> Privasi –> Reset Data Pabrik. Setelah itu akan muncul peringatan Hapus semua data pada penyimpanan USB. Jika sobat tidak ingin data sobat pada memorycard terhapus pastikan Jangan Mencentang “Format Penyimpanan USB“. Ingat, Jangan di centang! Selanjutnya pilih Reset Data Telfon.

Tetapi semua langkah di atas bisa kamu hindari dengan melakukan pencegahan agar smartphone mu tidak terinfeksi oleh virus. Jangan mendownload aplikasi dari sumber yang tidak jelas. Bisa saja aplikasi itu sudah dimodif dan diisi virus oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Lakukan update os secara berkala agar celah atau bug dalam os android di smartphone mu dapat ditambal atau diperbaiki oleh developer.

Sekian artikel mengenai Cara Menghapus Virus di Android . Semoga dapat bermanfaat.

Load disqus comments

0 komentar