Sunday, October 29, 2017

10 Cara Ampuh Agar Baterai Laptop Tahan Lama

 

10 Cara Ampuh Agar Baterai Laptop Tahan Lama. Artikel ini saya buat karena pengalaman saya dengan laptop yang telah menemani saya selama 4 tahun belakangan ini mengalami apa yang disebut sebagai boros baterai. Hal ini terjadi selain karena umur laptop saya yang sudah uzur, dan ada juga beberapa sebab lainnya yang menyebabkan baterai laptop saya boros sekali. Program software tertentu, contohnya browser Google Chrome mempunyai kesan menghabiskan baterai sebab secara default browser bakal tetap berjalan atau stand by secara background meskipun kamu sedang tidak menggunakannya. Kamu dapat menentukan program software apa saja yang dapat berjalan secara background sebelum memutuskan melakukan pembelian baterai baru sebab terasa telah aus.

Oke, bila kamu sudah memahami apa yang saya maksud, namun masih bingung bagaimana sih cara/tips yang tepat guna dilakukan supaya baterai laptop tahan lama?. Inilah 10 cara supaya baterai laptop kamu tahan lama.


1. Tutup Program yang Tidak Perlu

Tutup Program yang Tidak Perlu

Seringkali kamu membuka tidak sedikit program yang tidak kamu gunakan. Bahkan barangkali ada juga sekian banyak  proses yang tidak kamu butuhkan berlangsung pada background. Mematikan program dan proses yang tidak dibutuhkan tersebut dapat membantu meminimalisir pemakaian baterai laptop secara signifikan.

2. Cabut Perangkat USB

Cabut Perangkat USB

Pastikan kamu menarik keluar atau meng-eject perangkat USB yang telah tidak dibutuhkan lagi. Misalnya saja kamu mengcopy file dari flashdisk atau hardisk ekternal, cabut perlengkapan tersebut sesaat sesudah selesai mengcopy file. Setiap perlengkapan atau peralatan USB memerlukan power dan dapat membuat baterai laptop kamu cepat habis.


3. Matikan Wireless Card

Matikan Wireless Card

Wireless card merupakan hardware yang paling menguras berakhir power dari baterai laptop, bahkan saat kamu tidak terhubung dengan koneksi Wi-Fi. Jika memang tidak sedang dibutuhkan, pastikan kamu mematikan Wireless Card laptopmu.


4. Lakukan Pengaturan Power-Savings

Lakukan Pengaturan Power-Savings

Hampir di masing-masing sistem operasi atau OS, tentu ada menu untuk mengatur power-savings. Aturlah masing-masing fitur power-savings itu dan sesuaikan dengan keperluanmu. Misalnya kapan layar bakal diredupkan atau dimatikan, kapan hardisk bakal dimatikan, dll. Pengaturan yang tepat cocok dengan keperluan bisa membuat baterai laptop menjadi lebih tahan lama.


5. Defrag Hardisk

Defrag Hardisk

File yang terfragmentasi akan membuat hardisk bekerja dengan lebih keras. Hardisk mesti mengejar file yang terbelah tersebut dan menyatukannya saat diakses. Hasilnya, hardisk akan membutuhkan power baterai yang lebih besar. Untuk mengatasinya, kamu dapat melakukan defrag hardisk saat laptopmu sedang terhubung dengan power listrik. Ingat, tidak boleh melakukan defrag ketika laptop tidak terhubung dengan listrik. Proses defrag membutuhkan power yang lumayan besar dan dapat membuat power baterai laptop kamu habis.


6. Bersihkan Baterai

Bersihkan Baterai

Kutub baterai biasanya kotor karena sekian banyak  debu dan kotoran. Hal ini dapat mengurangi efektifitas dan efisiensi baterai. Bersihkan unsur logam kutub baterai dengan memakai kapas yang diairi dengan beberapa tetes alkohol.


7. Hindari Menggunakan CD/DVD

Hindari Menggunakan CD/DVD

CD/DVD-ROM juga merupakan salah satu hardware paling haus akan power baterai. Jika memang tidak dibutuhkan, usahakanlah tidak memakai CD/DVD-ROM. Pastikan pula tidak terdapat CD/DVD yang terdapat di dalam CD/DVD-ROM walaupun kamu tidak menggunakannya.


8. Gunakan Sleep Mode


Proses dinyalakannya laptop lumayan memakan power baterai. Cara mengakalinya, kamu dapat menggunakan sleep mode ketika mematikan laptop. Ketika laptop sedang di sleep mode, laptop akan memakai energi baterai lebih rendah.

Semua file dan program yang sedang terbuka akan disave di storage atau memori sementara. Ketika kamu menyalakannya lagi, file dan program itu akan langsung siap digunakan. Di samping menghemat waktu, sleep mode juga dapat menghemat pemakaian baterai. Tetapi ingat, trik ini akan efektif andai kamu berencana memakai laptop dalam waktu sesudah laptop itu dimatikan. Jika kamu hendak mematikan laptop dalam masa yang lama, pakai menu shutdown seperti biasanya.


9. Turunkan Brightness Layar

Turunkan Brightness Layar

Kecerahan layar laptop memakan sangat banyak power baterai. Menurunkan brightness layar laptop walaupun satu atau dua level dapat membuat baterai laptop kamu lebih awet.


10. Bersihkan Laptop Secara Teratur

Bersihkan Laptop Secara Teratur

Banyak pemakai atau pengguna laptop yang malas membersihkan laptopnya. Hal ini seringkali mengakibatkan lubang ventilasi laptop tersumbat oleh debu dll. Tersumbatnya lubang ventilasi ini mengakibatkan laptop cepat panas dan memaksa fan (kipas) bekerja lebih keras. Tentu saja hal ini mengakibatkan baterai laptop kamu lebih cepat habis. Untuk bisa menghindarinya, pastikan kamu rajin mebersihkan laptop khususnya di wilayah lubang ventilasinya.

Oke, itulah artikel dari saya mengenai 10 Cara Ampuh Agar Baterai Laptop Tahan Lama , semoga dapat membantu.

tag
cara menghemat baterai laptop windows 7
cara menghemat baterai laptop windows 10
cara menghemat baterai laptop windows 8
cara setting baterai laptop agar tahan lama

Load disqus comments

0 komentar